Daftar Makanan Sehat

Aritikel ini sudah lama saya simpan sampai saya lupa kapan mengkopi dari internet. Silahkan mencicipi…!

10 Makanan Sehat yang Anda Harus Tahu
Banyak makanan yang sebenarnya sangat bermanfaat untuk Anda namun terlupakan begitu saja. Atau memang Anda tinggalkan karena berbagai alasan. Coba deh mulai sekarang lebih rajin mengonsumsi makanan-makanan ini:
1. Bit Merah
Sehat karena: Sayuran yang satu ini merupakan sumber folat dan betaine yang sangat baik. Dua nutrisi tersebut bekerja sama untuk menurunkan tekanan darah pada homocysteine, yaitu zat yang dapat merusak arteri dan meningkatkan resiko penyakit jantung.
Baik dimakan: Segar, bukan dari toples acar. Memanaskan bit merah justru akan menurunkan kandungan antioksidannya. Sertakan bit merah dalam sajian salad Anda. Tambahkan dengan satu sendok makan minyak zaitun dan sari setengah buah lemon.
2. Kol
Sehat karena: satu cup kol iris mengandung 22 kalori dan banyak nutrisi. Salah satunya adalah sulforaphane, zat yang meningkatkan produksi enzim tubuh untuk mengurangi resiko penyakit kanker.
Baik dimakan: Sertakan kol pada sajian burger Anda
3. Jambu Batu / Jambu Klutuk
Sehat karena: mengandung lycopene konsentrasi tinggi, yaitu antioksidan yang mencegah kanker prostat (juga terdapat pada tomat dan semangka). Pada tiap cup jambu terdapat hampir 9 gram serat dan 688 miligram potasium (63% persen lebih banyak dari yang terkandung dalam pisang ukuran sedang). Beberapa riset walaupun belum sah, juga menunjukkan bahwa Jambu Batu bisa membantu penderita diabetes untuk mengurangi kadar gula dalam darah.
Baik dimakan: dari ujung kulit sampai bijinya – semuanya bernutrisi. Kulit-nya sendiri mengandung vitamin C lebih banyak dari yang terkandung pada daging jeruk.
4. Swiss Chard
Sehat karena: setengah mangkuk Swiss Chard yang sudah dimasak mengandung banyak sekali lutein dan zeaxanthin. Menurut riset Harvard, kedua zat ini melindungi retina mata Anda dari penuaan. Swiss Chard adalah sayuran hijau yang tumbuh dari sejenis bit, yang masih satu keluarga dengan bayam.
Baik dimakan: bersama steak atau ayam panggang. Cuci dan tiriskan seikat Swiss Chard, lalu potong-potong daun dan batangnya sepanjang 1-inci. Panaskan sesendok makan minyak zaitun dalam wajan, dan tumis dua bawang putih yang telah dipeprek. Ketika minyak telah sedikit berasap, masukkan Swiss Chard-nya. Tumis selama 5-7 menit hingga daunnya layu dan batangnya melembut. Pisahkan bawang putihnya dan sajikan the chard dengan garam dan lada. Sayuran yang agak pahit ini asal mulanya banyak dipakai untuk masakan mediterania.
5. Kayu manis
Sehat karena: membantu Anda mengontrol tingkat gula darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Para periset dari USDA menemukan fakta bahwa penderita diabetes tipe-2 yang mengonsumsi 1 gram kayu manis tiap harinya selama 6 minggu, secara signifikan menurunkan tidak hanya tingkat gula darah, namun juga kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.
Baik dimakan: taburkan saja di atas kopi atau oatmeal Anda
6. Purslane
Sehat karena: sayuran yang paling banyak mengandung omega-3, asam lemak yang bila dikonsumsi bisa mengurangi resiko penyakit jantung koroner. Sejenis tanaman rambat ini bisa menjadi sumber omega-3 untuk vegetarian, karena asam lemak ini biasanya terdapat di ikan. Periset dari University of Texas, San Antonio juga menyebutkan bahwa Purslane mengandung 10-20 kali melatonin lebih banyak dari sayuran atau buah-buahan lainnya. Melatonin adalah antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan kanker. Di Yunani, Purslane sering digunakan untuk menyembuhkan konstipasi atau infeksi saluran kencing.
Baik dimakan: bersama salad atau dimasak bersama sup.
7. Jus Delima Merah
Sehat karena: tiap 4 ons-nya mengandung 50% dari kebutuhan harian Vitamin C Anda. Ilmuwan dari Israel juga menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 2 ons Jus Delima Merah tiap hari selama setahun berhasil menurunkankan tekanan darah hingga 21% dan memperlancar aliran darah ke jantung.
Baik diminum: Satu gelas penuh tiap harinya.
8. Goji berri
Sehat karena: gula yang membuat goji berries manis mengurangi penolakan insulin – kekurangan insulin tubuh, faktor penyebab diabetes melitus tipe 2. Buah dari suku terong-terongan ini memang sudah menjadi bagian dari obat-obatan tradisional di China sejak 4800 tahun yang lalu, dan sekarang sudah dikenal di dunia sebagai ’superfruit’ karena kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi.
Baik dimakan: campurkan goji berri segar dan yang sudah dikeringkan dalam satu cup yoghurt plain. Taburkan pada oatmeal atau sereal dingin. Atau cukup digado saja.
9. Plum Kering
Sehat karena: Buah Plum mengandung banyak asam neochlorogenic dan chlorogenic, yaitu antioksidan yang dapat melawan super radikal bebas. Radikal berbahaya ini menyebabkan kerusakan struktur pada sel tubuh, di mana kerusakan tersebut dipercaya merupakan penyebab kanker yang utama.
Baik dimakan: sebagai pembuka. Bungkus buah plum dengan daging ham yang sudah diiris tipis dan tusukkan tusuk gigi agar bungkus tak terbuka. Panggang di suhu 200°C (selama 10-15 menit hingga buah plum melembut dan ham menjadi garing.
10. Biji labu
Sehat karena: Mengkonsumsi biji labu adalah cara paling mudah untuk mendapatkan magnesium lebih banyak. Ini penting karena periset Perancis akhir-akhir ini menemukan bahwa mereka dengan tingkat magnesium tinggi pada darahnya memiliki resiko kematian 40% lebih rendah .
Baik dimakan: dalam keadaan utuh, beserta kulitnya (pada kulit terdapat serat ekstra). Biji labu yang telah dibakar mengandung 150 mg magnesium per ons; masukkan pada resep diet Anda.
Sumber: Jonny Bowden, 10 Best Food You’re Not Eating, Men’s Health

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: