Kabar tentang hasil seminar perjuangan guru TIK/KKPI di Jakarta

“Subhanallah…sy sangat setuju…merindng bacanya… itu harapan kita semua seluruh rakyat Indonesia… Jadikan Indonesia bangsa yang maju dan berbudaya serta mampu menjalani globalisasi IT khususnya dengan baik..”

Ini komentar saya menanggapi surat yang di tulis Pak Onno P., dalam rangka mengingatkan pak Nuh sebagai Mentri Pendidikan kita bahwa mata pelajaran TIK sangat penting dan harus tetap ada. 

Berikut cuplikan surat yang akan disampaikan :

Usulan penguatan fondasi pendidikan yang terkait TIK adalah:

1. Mata Pelajaran TIK tetap di pertahankan. Lebih baik lagi jika di kembang untuk menunjang transformasi seluruh sekolah menjadi e-learning / e-school.

2. Ubah isi mata pelajaran TIK menjadi penunjang explorasi pengetahuan siswa. Dengan kondisi yang ada di sekolah terutama di daerah, tidak mungkin kita mengandalkan guru-guru mata pelajaran normal untuk membantu explorasi pengetahuan berbasis TIK. Saran saya, ubah isi TIK dari skill menggunakan komputer menjadi keterampilan untuk explorasi pengetahuan, seperti, simulasi berbagai bidang ilmu, akses ke e-library, online learning menggunakan moodle, dll.

3. Berdayakan guru TIK agar mendukung explorasi pengetahuan & e-learning berbasis open source. Proses transformasi sekolah menjadi sekolah berbasis TIK hanya di mungkinkan jika kita memberdayakan dengan baik guru TIK. Kita perlu menyiapkan modul sekolah berbasis TIK dan Training of Trainer bagi para guru TIK bahkan menyekolahkan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Semoga apa yang akan kita perjuangkan bersama mendapat Ridho dari-Nya… amin…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: