Archive for the ‘tips n trik’ Category

7 Rahasia Tetap Awet Muda


Banyak orang yang mengeluhkan keadaan kulit dan wajah mereka yang tampak lebih tua daripada umur sebenarnya. Untuk mengatasi masalah ini, ada 7 rahasia agar Anda tetap tampak awet muda:

1.Selalu merasa bahagia

Merasa bahagia adalah salah satu kunci utama agar tetap terlihat awet muda. Dalam setiap kegiatan, usahakan agar apa yang Anda lakukan sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Hindari stres, perasaan bersalah dan tertekan karena paksaan orang lain. Ingat, apa yang Anda rasakan akan tercermin pada wajah Anda. Jadi, orang yang sedang bahagia, wajahnya akan terlihat berseri-seri, santai dan lebih muda daripada usia sebenarnya.

2.Banyak bergerak
Baca lebih lanjut

7 Kiat Meningkatkan Kecerdasaan Emosional (EQ) Di Kantor

Emosi adalah hal begitu saja terjadi dalam hidup Anda. Anda menganggap bahwa perasaan marah, takut, sedih, senang, benci, cinta, antusias, bosan, dan sebagainya adalah akibat dari atau hanya sekedar respon Anda terhadap berbagai peristiwa yang terjadi pada Anda.

Membahas soal emosi maka sangat eratan kaitannya dengan kecerdasan emosi itu sendiri dimana merupakan kemampuan seseorang untuk memotivasi diri sendiri, bertahan menghadap frustasi, mengendalikan dorongan hati (kegembiraan, kesedihan, kemarahan, dan lain-lain) dan tidak melebih-lebihkan kesenangan, mengatur suasana hati dan mampu mengendalikan stres.

Kecerdasan emosional juga mencakup kesadaran diri dan kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri dan kendali dorongan hati, ketekunan, semangat dan motivasi diri, empati dan kecakapan sosial. Ketrampilan yang berkaitan dengan kecerdasan emosi antara lain misalnya kemampuan untuk memahami orang lain, kepemimpinan, kemampuan membina hubungan dengan orang lain, kemampuan berkomunikasi, kerjasama tim, membentuk citra diri positif, memotivasi dan memberi inspirasi dan sebagainya.

Nah, agar kecerdasan emosional Anda terjaga dengan baik, berikut 7 ketrampilan yang harus Anda perhatikan dan tak ada salahnya Anda coba:

Baca lebih lanjut

Tanda – tanda Khusnul Khotimah

Setiap hamba Allah yang berjalan diatas manhajnya yang lurus yang berusaha meneladani kehidupan Rasulullah dan para sahabatnya ajmain tentu sangat mengharapkan akhir kesudahan yang baik. Allah telah menetapkan tanda-tandanya dintara tanda-tanda husnul khatimah itu adalah:

Pertama, mengucapkan kalimah syahadat ketika wafat

Rasulullah bersabda :”barangsiapa yang pada akhir kalimatnya mengucapkan “La ilaaha illallah” maka ia dimasukkan kedalam surga” (HR. Hakim)

kedua, ketika wafat dahinya berkeringat

Ini berdasarkan hadits dari Buraidah Ibnul Khasib adalah Buraidah dahulu ketika di Khurasan, menengok saudaranya yang tengah sakit, namun didapatinya ia telah wafat, dan terlihat pada jidatnya berkeringat, kemudian ia berkata,”Allahu Akbar, sungguh aku telah mendengar Rasulullah bersabda: Matinya seorang mukmin adalah dengan berkeringat dahinya” (HR. Ahmad, AN-Nasai, at-Tirmidzi, Ibnu MAjah, Ibnu Hibban, Al-Hakim dan ath-Thayalusi dari Abdullah bin Mas’ud)

ketiga, wafat pada malam jum’at

Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah “Tidaklah seorang muslim yang wafat pada hari jum’at atau pada malam jum’at kecuali pastilah Allah menghindarkannya dari siksa kubur” (HR. Ahmad)

keempat, mati syahid dalam medan perang

Mengenai hal ini Allah berfirman:

“Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur dijalan Allah itu mati, bahkan mereka hidup disisi Tuhan-Nya dengan mendapat rezeki, mereka dalam keadaan gembira disebabkan karunia Allah yang diberikanNya kepada mereka dan mereka bergirang hati terhadap orang-orang yang masih tinggal dibelakang yang belum menyusul mereka bahwa tidak ada kekawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. Mereka bergirang hati dengan nikmat dan karunia yang besar dari Allah dan bahwa Allah tidak menyia-nyiakan pahal orang-orang yang beriman” (Ali Imraan:169-171) Adapun hadits-hadits Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang berkenaan dengan masalah ini sangat banyak dijumpai diantaranya adalah sebagai berikut:
Rasulullah bersabda:
“Bagi orang yang mati syahid ada 6 keistimewaan yaitu:

diampuni dosanya sejak mulai pertama darahnya mengucur, melihat tempatnya didalam surga, dilindungi dari adzab kubur, dan terjamin keamanannya dari malapetaka besar, merasakan kemanisan iman, dikawinkan dengan bidadari, dan diperkenankan memeberikan syafa’at bagi 70 orang kerabatnya” (HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad) 2. Seorang sahabat Rasulullah berkata: “Ada seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan berkata: Wahai Rasulullah mengapa orang mukmin mengalami fitnah dikuburan mereka kecuali yang mati syahid? beliau menjawab: Cukuplah ia menghadapi gemerlapnya pedang diatas kepalanya sebagai fitnah” (HR. an-Nasai)
catatan:
Dapatlah memperoleh mati syahid asalkan permintaannya benar-benar muncul dari lubuk hati dan penuh dengan keikhlasan, kendatipu ia tidak mendapatkan kesempatan mati syahid dalam peperangan. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah: “Barang siapa yang memohon mati syahid kepada Allah dengan sungguh-sungguh, maka Allah akan menyampaikannya derajat para syuhada sekalipun ia mati diatas ranjangnya”(HR. Imam Muslim dan al-Baihaqi)

Kelima, mati dalam peperangan fisabilillah Ada dua hadist Rasulullah shalallahu alaihi wassalam:

1. Rasulullah bersabda:”Apa yang kalian katagorikan sebagai orang yang mati syahid diantara kalian? mereka menjawab :Wahai Rasulullah yang kami anggap sebagai orang yang mati syahid adalah siapa sja yang mati terbunuh dijalan Allah. Beliau bersabda:Kalau begitu ummatku yang mati syahid sangatlah sedikit. Para sahabat kembali bertanya: Kalau begitu siapa sajakah dari mereka yang mati syahid wahai Rasulullah? beliau menjawab: Barangsiapa yang terbunuh dijalan Allah, yang mati sedang berjuang dijalan Allah, dan yang mati karena penyakit kolera, yang mati karena penyakit perut (yakni disebabkan penyakit yang menyerang perut seperti busung lapar, diare atau sejenisnya) maka dialah syahid dan orang-orang yang mati tenggelam dialah syahid “(HR. Muslim, Ahmad, dan al-Baihaqi)

2. Rasulullah bersabda: Siapa saja yang keluar dijalan Allah lalu mati atau terbunuh maka ia adalah mati syahid. Atau yang dibanting oleh kuda atau untanya lalu mati atau digigit binatang beracun atau mati diatas ranjangnya dengan kematian apapun yang dikehendaki Allah, maka ia pun syahid dan baginya surga” (HR. Abu Daud,al-Hakim, dan al-Baihaqi)

keenam , mati disebabkan penyakit kolera.

Tentang ini banyak hadits Rasulullah meriwayatkannya diantaranya sebagai berikut:
1. Dari Hafshah binti Sirin bahwa Anas bin MAlik berkata:”Bagaimana Yahya bin Umrah mati? Aku jawab: “Karena terserang penyakit kolera” ia berkata:Rasulullah telah bersabda: penyakit kolera adalah penyebab mati syahid bagi setiap muslim” (HR. Bukhari, ath-Thayalusi dan Ahmad)

2. Aisyah bertanya kepada Rasulullah tentang penyakit kolera. Lalu beliau menjawab;”Adalah dahulunya penyakit kolera merupakan adzab yang Allah timpakan kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya kemudia Dia jadikan sebagai rahmat bagi kaum mukmin. Maka tidaklah seorang hamba yang dilanda wabah kolera lalu ia menetap dikampungnya dengan penuh kesabaran dan mengetahui bahwa tidak akan menimpanya kecuali apa yang Allah tetapkan baginya pahala orang yang mati syahid”(HR. Bukhari, al-Baihaqi dan Ahmad)

Kedelapan, mati karena tenggelam.

kesembilan
, mati karena tertimpa reruntuhan/tanah longsor.

Dalil dari 2 point diatas adalah berdasarkan sabda Rasulullah shalallahu alaihi wassalam: “Para syuhada itu ada lima; orang yang mati karena wabah kolera, karena sakit perut, tenggelam, tertimpa reruntuhan bangunan, dan syahid berperang dijalan Allah” (HR.Imam Bukhari, Muslim, at-Tirmidzi, dan Ahmad)
Baca lebih lanjut

18 Juli 2008

‘Tidak maksud untuk menyakiti dia yang tlah ku pilih tuk mendampingi hidupku. Semuanya berawal dari pikiran dan perasaanku sebagai seorang manusia’.

Itulah kata-kata yang terlintas pasca peristiwa 18 Juli di sore hari.

Pagi itu kandaku pamit seperti biasa hendak mengajar, dan berkata “kalo mo jalan-jalan tuk belanja gak papa”. Kata-kata itu sudah 2 kali disampaikan dan itu dikarenakan kandaku belum bisa mengantar ku tuk belanja. Entah kenapa pagi itu setelah kanda pergi, aku berfikir keras, mau ke mana. Ada beberapa pilihan tapi aku merasa kalo aku hanya akan menghabiskan waktu beberapa jam saja, setelah itu pulang, aku merasa ‘boring’ tuk di rumah, pikiranku juga lagi suntuk sekali.Terlintas difikiranku aku ingin pergi yang jauh, tidak sekedar belanja, mungkin sekaligus silaturahmi dan lain-lain. Pilihanku jatuh pada kota Jogya, karena aku dah biasa pergi sendiri kesana. Akhirnya ku persiapkan dengan baik, dari mulai ingin silatrahmi ke mana sampai kapan aku pulang. Wiwit orang pertama yang ingin ku jumpai karena dia salah satu yang bisa ku hubungi. Kami pun janjian, sambil ku berbelanja. Aku tak memberitahu kandaku karena aku berfikir toh sudah diizinkan dengan kata-katanya sebelum kerja. Dan aku pun berusaha pulang sebelum kandaku pulang.

Ya, Allah… ternyata perasaan yang ku bawa ke Jogya dan saat pulang ke Magelang telah mengusik perasaan kandaku, perasaannya begitu peka. Rencanaku dari Jogya jam 3.00 sore agar sampai rumah tepat saat biasanya kanda pulang, ternyata kandaku sudah pulang dari jam 2.00 siang karena perasaannya tidak enak. Dan kegelisahan kanda memuncak saat ‘call’ aku, saat itu aku sudah mendekati rumah dan aku pikir tak perlu diangkat karena sudah dekat. Masya Allah…hal yang tak pernah ku sangka sama sekali, kutemukan kanda di ruang tamu dengan wajah sangat cemas dan begitu melihatku langsung memelukku erat dengan tangis. Aku kaku terpaku, merasa bersalah, tak bisa menangis, ku terlalu cuek sehingga yang terfikir saat itu hanyalah aku ingin solat Ashar. Ku tunggu sampai kanda mengijinkanku tuk solat, akhirnya diizinkan. Setelah solat ku tak bisa bicara apa-apa, mau nangis rasanya airmata sudah kering.

Kanda memaksaku tuk cerita, darimana saja aku. Berat rasanya tuk cerita, melihat keadaan kanda seperti itu. Akhirnya kandaku mengajakku ketempat peraduan, tempat tuk menumpahkan segala hal, tempat dimana akhirnya banyak hal bisa terbuka, terselesaikan, mendengarkan dan didengarkan. Kuceritakan semuanya sedetail-detailnya dan kanda pun cerita kenapa pulangnya lebih cepat dari biasanya. Kami pun saling menerima satu dengan yang lain, saling memaafkan, tak ada marah semua menyadari kekurangannya masing-masing.

Allah ampunilah hambamu ini, ku tak bermaksud untuk menyakiti kandaku, ku hanya ingin sendiri dan menikmati suasana yang berbeda supaya beban yang menyesakkan dada tak membuat ku putus asa dan stress.

Maafkanlah dinda, dengan kejadian ini, dinda jadi tau betapa Allah sangat mencintai dinda dengan diberinya seorang kanda yang mencintai dinda karena Allah. ‘Amin…Insya Allah, semuanya menjadi pelajaran dan hikmah tuk lebih bijak menghadapi hidup.

Lebih Mandiri Oke..

Dipertengahan February 2008. Ditinggal sendiri ternyata ada enaknya, ada juga nggak enaknya. Sudah dua malam ditinggal diklat ma kanda, padahal masih ada 8 malam lagi he..he… baru 5 bulan jadi ‘nganten anyar’, rasanya ditinggal semalam aja binggung he..he.. Awalnya mau bobo’ susah, tapi akhirnya bisa juga.

Ada pengalaman yang dinda rasakan, yaitu yang biasanya kalau pulang kuliah dijemput, naik engkel he..he.. Biar pinter n terbiasa. Trus kanda kasih bekal coklat buat ngemil, wah malah dindanya tambah endut.

Dinda jadi lebih mandiri dan kuat n bisa ngerasain gimana rasanya istri yang ditinggal ma suami..he..he.. apalagi semenjak punya kanda, dinda rada-rada manja alias mandi jarang he..he..hi..

Yah semuanya juga buat dinda, karena karir kanda yang mengabdi sebagai motivator, fasilitator ilmu jadi meningkat dan lebih dihargai. Bersyukur karena buat kesejahteraan rumah tangga juga.

Akhirnya….

Akhirnya…. dah sekian lama pingin punya blog sendiri, terwujud juga. Yah walaupun mungkin belum bisa sering-sering di update tapi setidaknya, luapan perasaan yang tidak dapat atau tidak sempat diungkapkan pada kesempatan yang lain akan bisa tertuang disini.  Dan juga bisa meluapkan rasa kangen pada saudara-saudaraku tercinta yang tidak dapat diungkapkan dan tidak dapat dilupakan. Semuanya sudah terlanjur mewarnai kehidupan ini. Alhamdulillah. Semoga blog ini ada manfaatnya…